Langsung ke konten utama

Milad ke-4 Blogger Muslimah Penuh Nuansa Haru Dengan Kisah tERe Dalam Menjemput Hidayah

Blogger Muslimah (BM) adalah komunitas penulis muslimah yang didirikan oleh Novia Syahidah Rais pada tanggal 1 Desember 2014. Dan tahun 2018 ini genap berusia 4 tahun.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu ada perayaan khusus yang diadakan oleh BM dalam menyambut hari jadinya tersebut. Meski dengan cara sederhana tetapi BM berusaha menghadirkan sesuatu yang berbeda dengan perayaan ini. Tentu saja sesuatu yang memberi manfaat dan menginspirasi semua. Ini adalah bentuk lain dari rasa syukur BM untuk semua.

Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap yang lain, dalam setiap perayaan BM hanya mengundang beberapa peserta saja. Tentu saja melalui seleksi yang dilakukan oleh panitia  dan saya Alhamdulillah menjadi salah satu yang terpilih.

Banyak hal bermanfaat yang saya dapatkan selama bergabung dengan Blogger Muslimah. Menjadi kebanggaan tersendiri ketika dalam perayaan Milad ke-4 Blogger Muslimah ini saya kembali terpilih dan bisa terlibat didalamnya meski tidak besar.


Bertempat di Nutrifood Inspiring Center, Jakarta, Novia Syahidah Rais membuka acara dengan beberapa kata sambutan. Juga beberapa kisah dan penjelasan mengenai hijrah. Sesuai dengan tema yang diusung pada Milad ke-4 kali ini, yakni "Menuju Hijrah Kaffah."

Cerita dimulai dari kisah hijrahnya Rasulullah Saw ke Madinah setelah bertahun-tahun tinggal di Mekkah sebagai kota kelahirannya. Lalu berlanjut tentang kisah hijrah dirinya sampai menjadi seperti sekarang ini. Secara garis besar bisa dijabarkan bahwa hijrah adalah berpindah menuju kehidupan yang lebih baik. Secara Kaffah tentunya. Tidak setengah-setengah maksudnya. Karena Kaffah artinya menyeluruh.

Sebagai seorang muslimah hal ini menjadi semacam tanda tanya besar. Sudahkah kita menjadi muslimah yang kaffah? Yang sejalan antara ucapan dan perbuatan. Bukan muslimah yang setengah-setengah apalagi muslimah musiman. 

Novia Syahidah Rais

Dalam kesempatan ini tentu saja saya harus tampil istimewa. Istimewa di sini bukan berarti mewah. Tetapi tampil dengan sesuatu yang spesial. Anggun, energik dan dinamis dalam balutan busana muslimah yang syar'i. Dan Hijab Alsa menjawab semua keinginan saya tersebut.

Gamis dengan aksen dua saku didepan membuat saya leluasa bergerak tanpa khawatir kehilangan handphone akibat lupa meletakkannya. Jilbabnya yang terasa adem di kepala membuat saya tak takut kegerahan karena mondar-mandir ke sana kemari. Pokoknya gamis dan jilbab yang saya kenakan ini pas sekali di badan. Membuat saya nyaman  di hari yang istimewa ini.

Untuk urusan gamis dan hijab serahkan pada Hijab Alsa . Eh, tak hanya itu. Ada lagi brand lokal karya Zasafiana Djamal yang mengangkat konsep elegan syar'i. Untuk produk muslim dan wedding dress. Ingin tahu lebih jelas tentang info dan detailnya? Bisa cek di IG @rumaisha_by zasa


Dengan latar salah satu sudut di Nutrifood Inspiring Center, penampilan saya terlihat berbeda bukan? Hommy sekali ya? Inilah Nutrifood Inspiring center. Tempat diadakannya perayaan Milad ke-4 Blogger Muslimah. Ini kali kedua BM mengadakan kegiatan di sini. Tempatnya menyenangkan soalnya. Seperti di rumah sendiri.

Bagi teman-teman yang belum pernah ke sini atau ingin juga mengadakan kegiatan di sini, intip saja IG @nutrifood. Banyak info yang bisa teman-teman dapatkan. Yang pasti lokasinya itu strategis. Bisa dijangkau dengan kereta api atau bus Transjakarta. Tepatnya di Apartemen Menteng Square, Jakarta Pusat. Biasanya rekan-rekan wartawan menggunakan Nutrifood Inspiring Center sebagai tempat singgah dalam menunggu liputan selanjutnya.

Nuansanya healthy dan green selain yang saya sebutkan hommy tadi. Dan selama bekerja atau berkegiatan di sini para pengunjung bisa menikmati WiFi dan snack sehat secara gratis. Betah deh kalau sudah di sini. Jadi enggan untuk beranjak.


Berlanjut ke acara milad BM ya? Setelah dibuka dengan beberapa kata sambutan dari founder BM. Acara berikutnya adalah tutorial make-up dari Purbasari. Para peserta akan mendapatkan ilmu tentang kecantikan dari pakarnya. Allicia Deana selaku Brand Executive Purbasari Make-up memberikan beberapa penjelasan mengenai produk-produk Purbasari.


Purbasari yang dulu kita kenal dengan produk skincare seperti lulur mandi, lotion dan sabun. Kini memproduksi make-up yang sudah bersertifikat halal loh! Wah, cocok nih untuk kita yang muslimah. 


Dan yang terbaru dari Purbasari saat ini adalah Purbasari Ultra Smooth Browser Liner dan Purbasari Intense Color Liquid Liner. Keduanya adalah pensil alis yang mampu menghasilkan riasan alami dan rapih sempurna. Ini pas sekali untuk kita para muslimah. Berdandan secara alami. Tidak menor yang bisa membuat lawan jenis menoleh. Untuk mengetahui produk lengkap dari Purbasari bisa cek IGnya @purbasarimakeupid atau bisa juga mengunjungi link berikut ini:
http://bit.ly/PURBASARIOFFICIALSTOREPURBASARIOFFICIALSTORE


Wah, menarik bukan acara Milad Ke-4 BM ini? Jadi jangan membayangkan acara milad ini seperti halnya acara milad di tempat lain. Atau pada umumnya yang penuh hura-hura dan suka cita. Dalam milad BM kita bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang awalnya hanya sebatas itu-itu saja.

Sesi berikutnya dari milad BM yaitu mendengarkan kisah dari bintang tamu yang dihadirkan. Karena tema milad kali ini mengenai hijrah, maka bintang tamu yang dihadirkan pun tak jauh dari kata hijrah. Adalah Theresia Ebenna Ezeria Pardede alias tERe yang menjadi bintang tamu dalam milad BM ini.

Tentu kita semua tidak asing dengan nama tersebut. Sebab sejak tahun 1998-2009 sosoknya kerap menghiasi layar kaca dan suaranya terdengar dimana-mana sebagai salah satu artis rekaman papan atas Indonesia. Di bawah bendera Aquarius Musikindo nama tERe melejit melalui lagu Awal yang Indah. Tercatat 4 buah album ia rilis dengan beberapa lagu yang sebagian besar menjadi hits dikalangan anak muda. Saya salah satunya. Menyukai lagu-lagu tERe sampai sekarang.


Tetapi kehadiran tERe dalam milad BM bukan sebagai penyanyi yang akan menghibur kita dengan lagu-lagunya yang pernah hits. Layaknya mini konser. Melainkan untuk berbagi kisah tentang perjalanan hidupnya dalam "Menjemput Hidayah." Karena sejak tahun 2002 tERe menyatakan bahwa dirinya telah memeluk agama Islam.

Perempuan kelahiran Jakarta, 2 September 1979 ini terlahir dari keluarga Batak yang merupakan penganut agama Katholik. Jadi sejak kecil hingga SLTA jalur sekolah yang ia tempuh berbasis Katholik. Sangat wajar jika terjadi konflik ketika ia kedapatan telah memeluk agama Islam. Tak hanya konflik dengan keluarga besarnya tetapi juga konflik batin yang ia rasakan sebelum benar-benar yakin dengan pilihannya tersebut.


Perjalanan menjemput hidayah memang penuh liku. Tiap orang tidak sama jalan yang dilaluinya. Karena perantaranya pun berbeda-beda. Jika tERe awalnya hanya melalui ucapan seorang kawan yang mampu membuatnya berpikir keras hingga melakukan riset. Akhirnya sebuah mimpi menampar dirinya dan menyadarkan dirinya bahwa jalan yang ia pilih adalah benar. Dan ia pun mantap mengucapkan dua kalimat syahadat sebelum ajal benar-benar menjemput. Bahwa, "Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah."


Sejak itu ia mulai membenahi diri untuk menjadi muslimah yang baik dan benar. Dari memperbaiki penampilan sampai belajar membaca Al-Qur'an dan salat tepat waktu. Benar-benar hijrah secara Kaffah. Tidak setengah-setengah. Hal ini menjadi sentilan bagi kita yang terlahir dari keluarga muslim. Sudahkah kita seperti itu? Salat tepat waktu, tertib membaca Al-Qur'an dan berpenampilan dengan syar'i.

tERe yang merupakan sarjana S-2 Komunikasi FISIP UI kini menjadi Konsultan Musik Independen dan Konsultan Kekayaan Intelektual. Aktif mengisi berbagai seminar dan menjadi bintang tamu di berbagai kesempatan, seperti saat milad BM ini. Sesuatu yang menyadarkan kita semua bahwa ketika kita membela agama Allah, maka Allah pun pasti akan menolong kita. Tidak menjadi artis rekaman lagi bukan berarti dunia berakhir. Allah tolong dengan jalan berbeda. Subhanallah.


Perasaan haru seketika menyelusup di relung-relung hati para peserta. Ada sebagian yang tak sadar menitikkan air mata. Apalagi pada bagian kisah tERe dimana ia harus terusir dari keluarga besarnya. Memilih tinggal bersama ayahnya yang sudah menjadi mualaf juga. Namun sayang di akhir hayatnya sang ayah justru kembali ke agama asalnya alias murtad. Hal ini menjadi pengingat diri bahwa keimanan bisa sewaktu-waktu terlepas. Oleh karenanya kita harus gigit kuat-kuat dengan gigi geraham.

Sungguh banyak pembelajaran penting yang kita dapatkan dari kisah bintang tamu kali ini dalam "Menjemput Hidayah." Saya sangat bersyukur bisa menjadi peserta terpilih dalam milad BM. Sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang sangat bermanfaat ini. Terima kasih Blogger Muslimah.

Dan layaknya sebuah perayaan tentu tidak lepas dari yang namanya makan-makan dan hadiah-hadiah. Untuk Milad kaki ini BM menggandeng Warung Jande dengan pilihan menu ketan aneka rasa. Warung Jande adalah warung Jajanan Desa yang menghadirkan berbagai macam jajanan yang biasa dijumpai di desa. Tetapi dikemas dalam bentuk yang modern dan kekinian.

Jajanan di warung Jande terbuat dari bahan-bahan pilihan dan tanpa pengawet atau pemanis buatan. Semua asli tanpa ada zat-zat lain sedikit pun.



Produk dari warung Jande tak hanya ketan aneka rasa. Tetapi ada banyak pilihan yang bisa di lihat melalui IG @warung_jande. Menu yang disajikan cukup sederhana sesuai dengan taglinenya "Jajanan Desa Sederhana Kaya Rasa."



Untuk hadiah jika biasanya yang merayakan dapat hadiah banyak. Tetapi kali ini sebaliknya. Justru peserta yang hadir kebanjiran hadiah. Salah satu hadiah yang membuat mupeng adalah produk-produk dari Mozlaik. Merk dagang yang memilki tagline "Indah sesuai Sunnah."

Produk Mozlaik berupa busana muslimah syar'i dengan memberdayakan konvensi rumahan. Bukan produksi pabrik. Ada bergo, pashmina dan niqab bahkan tas kanvas. Untuk pashmina ada Pashmina Ruqayya (dengan pet tipis dan cadar tali dua), Pashmina Halimah (non pet dengan cadar bandana), Bergo Sumayya (dengan aksen kerut dan cadar berkerut juga), bergo Atiqa (dengan aksen Bishan hitam dan cadar dua layer), Niqab Aisya (2 in 1 cadar dan purdah dipisah), Niqab Fathimah (cadar dua layer dan purdah model gelombang), Niqab Masyitha (Niqab simple dengan cadar dan purdah model Saudi), dan Niqab Khadija (Niqab 2 in 1 dengan cadar dan purdah dipisah). Untuk info lebih lengkap bisa lihat di IG @, mozlaik.


Keseruan milad BM kali ini luar biasa sekali. Selain menghadirkan bintang tamu yang istimewa. Suguhannya pun istimewa'. Hadiah-hadiah yang diberikan membuat hati berbunga-bunga. Ditambah bisa silaturahim dengan teman blogger yang cantik dan cetar prestasinya. Semakin lengkaplah kegembiraan hari Minggu, 9 Desember 2018. 


Selamat Milad ke-4 Blogger Muslimah. Semoga ke depannya terus memberikan hal-hal yang bermanfaat dan menginspirasi bagi semua. Tidak hanya bagi sesama Muslimah tetapi juga bagi semua terutama mereka yang disebut perempuan. Perempuan asli tentunya. Bukan jadi-jadian.


Para peserta Milad BM ke-4



Kreo, Desember 2018

Komentar

  1. Asyik dan bermanfaat sekali acaranya ya mba?

    Yang diundang berarti orang-orang pilihan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Selalu ada ilmu dan wawasan yang kita peroleh setiap kali BlogMus mengadakan kegiatan. Sebenarnya bukan orang-orang pilihan yang bisa ikutan. Cuma memang dipilih berapa orang saja. Tempatnya terbatas soalnya mba..hihihi

      Hapus
  2. daku mau lagi dong ketan susu ..., laper

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Pohon Besar di Kalibata City Apartement

Saat saya sedang berjalan-jalan di Kalibata City Apartment, Jakarta Selatan. Pandangan saya tertarik pada sebuah pohon besar di samping belakang apartement. Ukuran pohonnya memang besar sekali. Pikir saya. ”Kenapa tidak ditebang? Bisa bahaya kalau roboh.”  Dokumen pribadi Saya pun iseng menanyakan hal tersebut kepada kawan yang sudah lama tinggal di sana. Jawabannya sungguh membuat merinding bulu kuduk.  “Gak ada yang bisa menebang pohon tersebut. Karena banyak penunggunya. Setiap malam ada saja yang melihat penampakan-penampakan dibawah pohon itu.”  Hiiii...Seram juga ya, pikir saya. “Makanya ada semacam meja kecil diatas pohon itu. Untuk tempat sesajen. Biar penunggunya gak mengganggu orang-orang di sini,” papar kawan saya. Diam-diam ada rasa penasaran dalam hati saya. Seperti apa sih pohon itu jika dilihat dari dekat?  Maka saya pun mendekati pohon tersebut. Memang besar sekali. Terlihat dari batangnya yang besar dan tinggi. Nama pohonnya ternyata pohon mahoni. Usianya lebih

Alhamdulillah Bisa Kentut

Uuupppss!!! Ini bukan bicara jorok atau kotor. Tapi hanya untuk mengingatkan. Bahwa maaf, kentut itu termasuk anugerah terindah yang patut disyukuri. Loh! Kok? Eits, jangan bengong begitu ah. Coba saja rasakan ketika kita beberapa hari ternyata enggak bisa kentut. Rasanya ini perut kembung dan enggak enak. Tapi begitu bisa kentut. Rasanya legaaaa...sekali. Bisa terbayang toh bagaimana mereka yang tidak bisa kentut atau BAB (Buang air besar) akhirnya harus ke rumah sakit untuk diambil tindakan. Maka bersyukurlah kita yang bisa kentut setiap saat. Selama ini kita mengucapkan syukur itu jika berhubungan dengan rezeki dan sesuatu yang menyenangkan.  "Alhamdulillah dagangan hari ini ludes."  Atau  "Alhamdulillah si kakak juara kelas." Sangat jarang jika mengeluarkan kentut langsung mengucap Alhamdulillah. Padahal kentut salah satu nikmat yang luar biasa.  Jadi mulai sekarang biasakan mengucap syukurnya bukan saja ketika berhubungan dengan rezeki dan gengsi.

Gaya Rambut Muslimah yang Dianjurkan

Gaya rambut seseorang biasanya mengikuti karakter diri orang tersebut. Jika ia seorang yang aktif dan energik. Maka gaya rambut yang dipilih biasanya model Demi Moore. Itu loh si cantik di film Ghost. Gaya rambut ala Demi Moore Image foto by Lifestyle Okezone Gaya rambut ala Demi Moore sempat nge-hits di jamannya. Atau gaya rambut ala Putri Diana. Mendiang istri Pangeran Charles dari Inggris ini tetap cantik dan anggun meski berambut pendek. Gaya rambut ala Putri Diana Image foto by pinteres Bagi orang yang memiliki rambut panjang disebut sebagai orang yang sabar. Karena memiliki rambut panjang memang butuh kesabaran. Terutama dalam hal perawatan. Image foto by tagged.com Sementara orang yang menyukai gaya rambut pendek disebut sebagai orang yang tidak sabaran. Ingin serba cepat dalam bertindak. Tentu orang yang seperti ini tidak akan sabar kalau harus merawat rambut. Itu semua pendapat yang saya yakini ketika belum berhijab. Setelah berhijab dan mengetahui