Langsung ke konten utama

Postingan

Happy Anniversary 6th ODOP, Darimu Aku Mengenal Konsistensi Menulis

Postingan terbaru

Serunya Membuat Ketupat Lebaran

Lebaran tiba, lebaran tiba. Alhamdulillah akhirnya kita masih bisa merayakan lebaran. Meski di tengah kondisi pandemi. Pasti dong teman-teman memiliki keseruan dalam menyambut hari lebaran. Kalau aku nih keseruan yang paling kuingat dan masih dilakukan sampai sekarang adalah membuat kulit ketupat sendiri. Dokpri "Iiih, ngapain repot-repot bikin kulit ketupat? Beli kan banyak." Betul. Memang banyak. Tapi aku lebih senang membuat sendiri. Seru saja. Sekalian mengasah kembali ketrampilan membuat ketupat. Jadi sejak kecil aku sudah diajari membuat kulit ketupat oleh ibu. Karena ibu memang membuat sendiri kulit ketupatnya.  Kata ibu anak perempuan itu mesti bisa membuat kulit ketupat. Biar menjadi perempuan sejati. Aku sih nurut saja. Padahal apa pengaruhnya dengan kesejatiannya seorang perempuan?  Mungkin itu cara ibu mendidik anak perempuan agar serba bisa. Walau dulu kerap ngomel karena ternyata susah membuat kulit ketupat itu. Setelah dewasa ada hikmah dan manfaatnya juga.  Pe

Hampers, Pengganti Kehadiran Diri Saat Pandemi

Lebaran sebentar lagi. Ini merupakan lebaran kedua di masa pandemi. Tidak jauh berbeda dengan masa sebelumnya. Lebaran kali ini kita pun masih dilarang mudik. Bahkan lebih ketat. Karena dilarang mudik antar kota.  Dokumen pribadi Sedih sih. Namun bagaimana lagi? Ini sudah menjadi peraturan pemerintah demi keselamatan masyarakat. Sebagai warga yang baik kita harus mentaati peraturan pemerintah tersebut.  Jadi lebaran kali ini sepertinya memang tidak akan kemana-mana. Di rumah saja. Lalu bagaimana agar silaturrahim tetap terjaga? Tetap bisa lebaran dengan kerabat? Pada masa keemasannya surat-menyurat, kita bisa mewakilkan diri melalui kartu ucapan lebaran. Jadi ketika kita tidak bisa bersilaturrahim secara langsung, kita bisa mengirim kartu ucapan yang sesuai. Kemudian bisa disambung dengan bertelepon ria. Seiring berjalannya waktu kondisi zaman mulai berubah. Surat-menyurat sudah ditinggalkan. Berganti dengan era digital yang mana komunikasi dilakukan melalui media sosial. Melalui video

Membawa Ibu Berkunjung ke Lampung, Momen Lebaran Paling Berkesan

Bicara mengenai momen lebaran yang paling berkesan? Sebenarnya bingung juga sih mau mengambil momen yang mana?karena buatku momen lebaran selalu memberikan kesan.  Dokumen pribadi Berhubung yang diminta adalah momen yang paling-paling berkesan. Maka inilah yang menurutku berkesan. Yaitu momen membawa ibu berkunjung ke Lampung. "W eh, ada apa dengan Lampung?" Lampung. Salah satu provinsi di Pulau Sumatera. Di sinilah saudara kandung ibu tinggal. Mulai dari kakak, adik, sepupu, cucu dan cicit. Semuanya tinggal di sini. Hanya ibu seorang yang tinggal di Jakarta. Oleh karenanya jika mudik tujuan kami adalah ke Lampung. Mengunjungi sanak saudara ibu di sana. Hanya saja tidak setiap lebaran kami bisa mudik. Karena saat itu pekerjaan saya tidak memungkinkan untuk bisa libur lama saat lebaran. Sampai suatu ketika ibu ngotot minta berkunjung ke Lampung. "Pokoknya kalau lebaran kali ini kalian enggak bisa ngantar ke Lampung, aku ta pergi sendiri." Wah, ibuku mau nekad pergi s

Jadul dan Unik, Kue Lebaran yang Wajib Ada Di Rumah

Aish, tak terasa lebaran tinggal hitungan jari. Meski pandemi yang namanya lebaran tetap dong harus ada yang berbeda. Bukan berarti bermewah-mewah atau agar terlihat wah lho. Sederhana saja. Namun tetap terlihat khas lebarannya. Apakah itu? Yakni dari masakan yang dibuat dan sajian kue yang disuguhkan. Nah, kue-kue inilah yang membuat suasana di rumah berbeda. Tidak seperti hari biasa.  Untuk lebaran biasanya aku menyuguhkan semua kue-kue di atas meja. Jadi kalau ada yang berkunjung (karena pandemi) paling hanya kita-kita saja keluarga sendiri. Meski begitu tetap toh diberi suguhan. Biar tidak bolak-balik mengeluarkan suguhan. Untuk kue-kue aku kumpulkan di satu meja. Lalu apa nih kue lebaran yang aku suguhkan?  Sebenarnya sama saja dengan yang lain. Ada kue nastar, kastengel, cookies dan lain-lain. Tapi ada kue lebaran yang buatku wajib ada. Enggak masalah kalau yang lainnya tak ada. Tapi jangan sampai kue ini enggak ada. Karena aku suka. "Lho, mau buat suguhan atau buat camilan

Rutinitas Asik Saat Menunggu Buka Puasa

Menunggu waktu berbuka puasa asiknya tuh jalan-jalan keliling komplek sambil mencari takjil. Tapi pandemi begini tentu riskan jika ingin ngabuburit semacam itu. Sejak pandemi ada kebiasaan menunggu waktu berbuka puasa yang ternyata sangat bermanfaat lho. Tentu disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Namun secara keseluruhan bisa kok kebiasaanku ini ditiru juga. Apa sajakah kebiasaan itu? 1 . Membaca Al-Qur'an Mumpung bulan Ramadan maka perbanyaklah ibadah. Salah satunya dengan sering-sering membaca Al-Qur'an. Nah, aku praktekkan hal tersebut sejak sebelum pandemi. Begitu pandemi sangat terasa sekali manfaatnya. Tidak bisa jalan-jalan maka membaca Al-Qur'an saja. 2 . Bermain Bersama Si Kecil Dokumen Pribadi Kelihatannya sepele ya? Padahal ketika kita bermain dengan si kecil. Ikut terlibat dengan permainannya. Tak terasa sudah bedug lho. Si kecil bisa sangat bahagia sekali jika kita terlibat dalam permainannya. 3 . Mendongeng Untuk Si Kecil Kegiatan lainnya yang kulakukan s

Sarden Asam Manis Menu Favorit Saat Sahur

Bulan adalah bulan mulia yang dinantikan oleh semua umat muslim. Bulan yang penuh kebarokahan dan keagungan.  Sejak kecil aku selalu menyambut dengan riang dan gembira kedatangan bulan suci Ramadhan. Sampai sekarang sih.  Sejak kecil juga ada satu hal yang tidak kusukai dari bulan Ramadan. Yaitu bangun untuk makan sahur. Sampai sekarang. Rasanya malas saja sedang enak-enak tidur dibangunkan untuk makan. Jika saja makan sahur bukan sebuah keharusan, maka aku memilih untuk melanjutkan tidur. Berhubung sudah mengetahui dalilnya. Maka meski berat harus bangun untuk sahur. Jika dulu ada ibu yang menyiapkan menu untuk sahur. Sekarang aku yang mesti menyiapkan untuk keluarga. Biasanya sih tinggal menghangatkan makanan yang dimakan saat berbuka. Tapi ada satu menu yang menjadi favorit kita semua. Terutama aku. Karena memasaknya mudah. Yaitu sarden Asam Manis. Sarden Asam Manis (dokpri) Jadi hampir selalu ada menu itu. Selain praktis dan cepat, mudah juga memasaknya. Cukup dengan menambahkan ir