Langsung ke konten utama

Kembali Muda Dalam Perayaan 30 Tahun Balada Si Roy


Pada hari Sabtu dan Minggu, 10-11 Maret 2018 yang lalu, saya mendapat kesempatan untuk menghadiri Perayaan 30 Tahun Balada Si Roy. Sebuah novel remaja era 90-an karya Gol A Gong.

Balada Si Roy awalnya adalah sebuah cerita bersambung yang ada di Majalah Hai. Majalah remaja cowok kala itu. Pertama kali dimuat pada 8 Maret 1988. Tanggal itulah yang kemudian dijadikan sebagai hari ulang tahun Balada Si Roy.

Cerita bersambung tersebut begitu digemari oleh pembacanya. Baik laki-laki maupun perempuan. Saya salah satunya. Karena merasa bahwa cerita yang ada di Balada Si Roy itu "Gue banget." Siapapun yang membacanya akan merasa kalau sosok si Roy dalam Balada Si Roy itu ya gue banget.



Kok bisa seperti itu? Sebab cerita Balada Si Roy berkisah tentang kegelisahan kita para remaja usia SMA yang diwakilkan oleh sosok si Roy itu. Bandel, tidak suka terikat aturan, ingin bebas, senang berpetualang dan melakukan hal-hal baru yang menurut orang lain dibilang konyol.

Tapi pada dasarnya memiliki rasa empati yang tinggi, solidaritas yang juga tinggi, berjiwa sosial dan sayang terhadap orang tua. Hanya saja gaya dan penampilan Si Roy yang seenaknya dan petualang sekali dengan sepatu gunung, kemeja flanel kotak-kotak dan tas ransel, membuatnya disebut cowok urakan. Padahal itu bentuk lain pencarian jati diri.

Semua itu memang mewakili kondisi dan keadaan yang dialami oleh para remaja saat itu. Jadilah si Roy tokoh yang diidolakan oleh remaja dengan jiwa-jiwa petualangan.

Pada tahun 1989 Balada Si Roy dicetak dalam bentuk buku oleh Gramedia. Terdiri atas sepuluh seri. Dan begitu digemari oleh para remaja di seluruh Indonesia.

Bersama sahabat Balada Si Roy dari berbagai daerah


Tak terasa pada 8 Maret 2018 ini Balada Si Roy sudah 30 tahun berlalu. Bertempat di Rumah Dunia, Serang, kampung si Roy. Digelar sebuah perayaan 30 Tahun Balada Si Roy. Dan Balada Si Roy siap diangkat ke layar lebar. Begitu wacana yang bergulir seperti itu. Harapannya semoga terwujud. Aamiin.

Antusias dari para sahabat Balada Si Roy (sebutan bagi pencinta Balada Si Roy) sangat tinggi. Pada perayaan itu sahabat Balada Si Roy dari seluruh Nusantara berkumpul di Rumah Dunia. Ikut merayakan dan memberi dukungan atas rencana Balada Si Roy diangkat ke layar lebar (film). Apalagi sang produser dan sutradara turut hadir dalam acara tersebut. Tentu moment yang tidak akan disia-siakan.



Berbagai acara digelar dalam perayaan 30 tahun Balada Si Roy. Mulai dari pembuatan buku tentang si Roy yang menginspirasi para pembacanya, bedah buku, pembacaan puisi, panggung musik dan tentu saja makan-makan.

Sebelum perayaan 30 tahun Balada Si Roy, acara yang sama pernah digelar di daerah Bandung. Tepatnya pada 25 tahun Balada Si Roy. Tetapi saat itu saya belum bergabung dengan sahabat Balada Si Roy. 


Acara pembukaan oleh Gol A Gong

Acara pembacaan puisi oleh Toto St Radik


Saya termasuk generasi pertama pembaca Balada Si Roy. SMP pertama kali membacanya melalui majalah Hai. SLTA baru mengoleksi bukunya yang sepuluh seri itu. Tahun 2015 baru bertemu dengan si Roy yang nyata alias penulisnya, Gol A Gong. Rangkaian kisah haru biru mewarnai perjalanan saya untuk mendapatkan si Roy. Kisah tersebut akan saya ulas dalam catatan berikutnya.

Di sini saya akan mengulas tentang bagaimana sebuah buku mampu mempertemukan kami sahabat Balada Si Roy dari penjuru Nusantara. Semua itu karena kekuatan kata-kata yang ada dalam Balada Si Roy. Kami yang tidak saling kenal, atau ada yang sudah mengenal melalui dunia maya, bertemu dan berkumpul layaknya keluarga yang sudah lama terpisah.

Saling melepas rindu dan bernostalgia tentang masa lalu. Masa-masa muda dulu. Apalagi code dress yang ditentukan, kemeja flanel kotak-kotak, celana jeans dan ransel menjadikan kami serasa muda kembali. Jiwa muda kami terbangkitkan kembali. Padahal usia generasi pertama pembaca Balada Si Roy sudah berkisar kepala empat. Tapi dalam perayaan tersebut kami seolah-olah seperti masih belasan tahun.


Bersama Tias Tatanka dan penggiat literasi asal Tangerang, Cilegon

Bersama adik-adik kelas menulis rumah dunia

Bersama sahabat Balada Si Roy asal Mojokerto


Energi yang dimunculkan memang sungguh luar biasa. Saya pribadi merasa kalau Balada Si Roy sangat menginspirasi. Dan sangat membantu dalam pembentukan jati diri.

Sebagai kado dalam perayaan 30 tahun Balada Si Roy, saya sengaja datang dari Tangerang menuju Rumah Dunia, Serang dengan mengendarai sepeda. Bukankah itu sangat jauh? Memang. Dan Alhamdulillah saya bisa. Serta merasa muda saja seperti pertama kali berpetualang di era 90-an dulu.
 .


 
Bersama Gol A Gong sang penulis Balada Si Roy

Selain itu saya yang dalam keseharian hampir senantiasa mengenakan kain dan kebaya, khusus hari itu memakai kebaya dari bahan flanel kotak-kotak dan kain dari bahan jeans. Penampilan biasa yang tak biasa.

Satu hal lagi sebagai bentuk apresiasi saya terhadap si pengarang yang karyanya sudah begitu menginspirasi. Hari itu saya untuk pertama kalinya juga tampil boys dengan celana jeans, kaosan dan kemeja kotak-kotak. Setelah hijrah dan berhijab saya tak lagi mengenakan celana panjang. Tapi hari itu pengecualian.

Sesi diskusi tentang video traveling


Sahabat Balada Si Roy bersama penulis Balada Si Roy, produser dan sutradara

Apakah saya merasa terpaksa melakukan hal itu? Tentu tidak. Justru merasa senang dan kembali muda. Memang baru sebatas ini yang bisa saya lakukan. Ke depannya semoga banyak hal baik yang bisa dilakukan.

Betapa kata mampu mengubah kita. Betapa besar makna yang terkandung dalam setiap kalimat yang diucapkan. Dan betapa kata mampu menyatukan kita.


Buku Balada Si Roy seri 1-10

#30thnbaladasiroy
#filmbaladasiroy
#roymoment
#royfilm
#DIP

Komentar

  1. Mbak Denik, salut masih oke banget staminanya dengan bersepeda ke Serang!
    Balada Si Roy memang melegenda ya...Dan Gol A Gong bukan Balada si Roy saja. Beberapa cerpen lepasnya yang menghiasi berbagai media benar-benar menginspirasi dan menebar semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbaa masih diberi kekuatan sedemikian rupa. Iya, betul. Karya-karya Gol A Gong yang lain juga cukup menginspirasi.

      Hapus
  2. Mbak Denik hebat nih kisahnya. Roy emang inspirator. Lanjutkan kisah lain Mbak. Salam kenal. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali Mba. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Pohon Besar di Kalibata City Apartement

Saat saya sedang berjalan-jalan di Kalibata City Apartment, Jakarta Selatan. Pandangan saya tertarik pada sebuah pohon besar di samping belakang apartement. Ukuran pohonnya memang besar sekali. Pikir saya. ”Kenapa tidak ditebang? Bisa bahaya kalau roboh.”  Dokumen pribadi Saya pun iseng menanyakan hal tersebut kepada kawan yang sudah lama tinggal di sana. Jawabannya sungguh membuat merinding bulu kuduk.  “Gak ada yang bisa menebang pohon tersebut. Karena banyak penunggunya. Setiap malam ada saja yang melihat penampakan-penampakan dibawah pohon itu.”  Hiiii...Seram juga ya, pikir saya. “Makanya ada semacam meja kecil diatas pohon itu. Untuk tempat sesajen. Biar penunggunya gak mengganggu orang-orang di sini,” papar kawan saya. Diam-diam ada rasa penasaran dalam hati saya. Seperti apa sih pohon itu jika dilihat dari dekat?  Maka saya pun mendekati pohon tersebut. Memang besar sekali. Terlihat dari batangnya yang besar dan tinggi. Nama pohonnya ternyata pohon mahoni. Usianya lebih

Alhamdulillah Bisa Kentut

Uuupppss!!! Ini bukan bicara jorok atau kotor. Tapi hanya untuk mengingatkan. Bahwa maaf, kentut itu termasuk anugerah terindah yang patut disyukuri. Loh! Kok? Eits, jangan bengong begitu ah. Coba saja rasakan ketika kita beberapa hari ternyata enggak bisa kentut. Rasanya ini perut kembung dan enggak enak. Tapi begitu bisa kentut. Rasanya legaaaa...sekali. Bisa terbayang toh bagaimana mereka yang tidak bisa kentut atau BAB (Buang air besar) akhirnya harus ke rumah sakit untuk diambil tindakan. Maka bersyukurlah kita yang bisa kentut setiap saat. Selama ini kita mengucapkan syukur itu jika berhubungan dengan rezeki dan sesuatu yang menyenangkan.  "Alhamdulillah dagangan hari ini ludes."  Atau  "Alhamdulillah si kakak juara kelas." Sangat jarang jika mengeluarkan kentut langsung mengucap Alhamdulillah. Padahal kentut salah satu nikmat yang luar biasa.  Jadi mulai sekarang biasakan mengucap syukurnya bukan saja ketika berhubungan dengan rezeki dan gengsi.

Gaya Rambut Muslimah yang Dianjurkan

Gaya rambut seseorang biasanya mengikuti karakter diri orang tersebut. Jika ia seorang yang aktif dan energik. Maka gaya rambut yang dipilih biasanya model Demi Moore. Itu loh si cantik di film Ghost. Gaya rambut ala Demi Moore Image foto by Lifestyle Okezone Gaya rambut ala Demi Moore sempat nge-hits di jamannya. Atau gaya rambut ala Putri Diana. Mendiang istri Pangeran Charles dari Inggris ini tetap cantik dan anggun meski berambut pendek. Gaya rambut ala Putri Diana Image foto by pinteres Bagi orang yang memiliki rambut panjang disebut sebagai orang yang sabar. Karena memiliki rambut panjang memang butuh kesabaran. Terutama dalam hal perawatan. Image foto by tagged.com Sementara orang yang menyukai gaya rambut pendek disebut sebagai orang yang tidak sabaran. Ingin serba cepat dalam bertindak. Tentu orang yang seperti ini tidak akan sabar kalau harus merawat rambut. Itu semua pendapat yang saya yakini ketika belum berhijab. Setelah berhijab dan mengetahui