Langsung ke konten utama

Banten Rumahku, Indonesia Tanah Airku

Banten adalah sebuah provinsi yang merupakan pemekaran dari provinsi Jawa Barat. Tahun 2000 Banten menjadi provinsi tersendiri. Provinsi dengan 4 kota yakni Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.  Serta 4 kabupaten yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Pandeglang. 

Picture by bantenprov.go.id

Beberapa diantaranya menjadi daerah penyanggah Kota Jakarta. Terutama Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Saat ini Provinsi Banten dipimpin oleh H.Rano Karno, S.I.P salah satu aktor yang cukup terkenal pada jamannya.

Sejak jaman dahulu jauh sebelum Banten menjadi provinsi sendiri. Nama Banten sudah dikenal luas oleh masyarakat dari dalam dan luar negeri. Kapal dagang Belanda mendarat untuk pertama kalinya di Nusantara berlabuh di perairan Banten.

Pesona Banten saat itu adalah rempah-rempah. Terutama lada yang sangat digemari oleh masyarakat Eropa. Sunan Gunung Jati pun menjadikan Banten salah satu wilayah penyebaran agama Islam.

Melalui anaknya yakni Maulana Hasanuddin atau Fatahillah. Dibangunlah sebuah benteng di Banten bernama Surosowan. Kelak benteng tersebut menjadi sebuah benteng pertahanan yang kokoh ketika di sana berdiri Kesultanan Banten. Yang mencapai puncak kejayaan saat dipimpin oleh Sultan Ageng Titayasa. Kejayaan dan keruntuhan kerajaan Banten bisa dilihat saat berwisata sejarah di daerah Banten. 

Dokumen pribadi

Puing-puing reruntuhan benteng Surosowan masih ada sampai sekarang. Masjid Agung Banten yang merupakan salah satu masjid tertua di Jawa ramai dikunjungi para peziarah sebagai salah satu wisata religi.

Letak posisi Banten memang cukup strategis. Bagian Timur berbatasan dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat. Bagian Barat berbatasan dengan Selat Sunda. Bagian Selatannya berbatasan dengan Samudera Indonesia. Sedangkan bagian Utara berbatasan dengan Laut Jawa.

Dengan batas wilayah seperti ini, tak heran jika Banten memiliki banyak tempat wisata berupa keindahan pantai. Pantai Anyer, Pantai Carita, Pantai Sarwana, Pantai Karang Bolong dan Tanjung Lesung adalah beberapa diantaranya yang bisa dikunjungi.

Pantai karang bolong, Anyer-Banten (dokpri)

Bagi yang menyukai petualangan, Gunung Karang yang berada di daerah Pandeglang bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi. Gunung Karang terkenal dengan puncak sumur 7 dan tanaman anggrek aneka jenis. Gunung Krakatau juga merupakan objek wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Meskipun termasuk ke dalam wilayah provinsi Lampung. Namun Gunung Krakatau lebih dekat bila dijangkau dari Banten. Pulau Umang, Pulau Burung dan Pulau Sangiang sebagian objek wisata kepulauan yang juga indah untuk dikunjungi.

Picture by kompas.com

Selain itu di Banten ada sebuah suku yang sangat populer di kalangan masyarakat. Yaitu suku Baduy. Suku yang mendiami Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Suku Baduy terbagi menjadi dua, yakni Suku Baduy Luar dan Suku Baduy Dalam. 

Nah, Suku Baduy Dalam yang dikenal teguh memegang tradisi. Mereka mengisolasi diri jauh dari modernisasi. Di era globalisasi sekarang ini, mereka tetap teguh tidak menggunakan teknologi elektronik apa pun. Jangankan peralatan elektronik, untuk kebersihan sehari-hari pun mereka tidak menggunakan sabun mandi, sabun cuci dan pasta gigi.

Sebuah kehidupan yang  benar-benar jauh dari peradaban. Tetapi bukan berarti mereka tak beradab. Di sinilah keistimewaan suku Baduy. Mereka dengan tangan terbuka menerima kedatangan masyarakat luar yang ingin berkunjung ke kampung mereka. Ini salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan juga saat berada di Banten.

Lalu dalam bidang kesenian,  Banten terkenal dengan kesenian debus. Sebuah pertunjukkan yang menampilkan keahlian dan kekuatan pemain, salah satunya dengan memakan beling. Dan ini menjadi sebuah pertunjukkan yang mengagumkan dan membanggakan bagi masyarakat Banten.

Banten juga memiliki sebuah Taman Nasional yang terpenting di dunia. Yaitu Taman Nadional Ujung Kulon. Bahkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural), sebuah organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dunia dibawah lindungan PBB, Taman Nasional Ujung Kulon ditetapkan sebagai situs cagar alam warisan dunia. Dengan badak bercula satu sebagai salah satu binatang yang dilindungi di sana.

Bagi yang ingin berwisata literasi, di kota Serang yang merupakan pusat pemerintahan Banten, ada Rumah Dunia. Sebuah rumah yang berada di kampung Hegar, Ciloang, Serang ini didirikan oleh Gol A Gong. 

Dokumen pribadi

Rumah Dunia mewadahi siapa pun yang ingin belajar dan maju, utamanya dalam bidang seni. Banyak penulis-penulis hebat lahir dari gemblengan Rumah Dunia.Jika berada di Banten, jangan lewatkan untuk singgah di Rumah Dunia.

Sebagai sebuah provinsi yang masih muda, Banten memang sedang berbenah dalam segala bidang. Terutama dalam bidang politik. Setelah orang no.1 di Banten saat itu, sempat mencoreng nama Banten dengan ulahnya yang merugikan rakyat. Terlepas dari keboborokan pemerintahan masa lalu, Banten adalah sebuah provinsi yang potensial untuk bisa menjadi besar dan membanggakan.

Sektor industri di Banten menjadi pesona tersendiri bagi penduduk di pulau Jawa dan Lampung. Pabrik-pabrik yang berdiri di sana menjadi serbuan para pencari kerja dari penduduk di dua pulau tersebut.

Dalam sektor pendidikan, Banten juga memiliki beberapa perguruan tinggi yang berkualitas. Antara lain ada Universitas Terbuka yang berada di daerah Pondok Cabe, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah di Ciputat, Institut Teknologi Indonesia di Serpong, Universitas Pelita Harapan di Karawaci dan Universitas Teknologi Negeri di Cilegon.

Dengan segala potensi dan keindahan yang dimiliki, tidak mustahil bila Banten di masa datang bisa berjaya kembali seperti jaman kerajaan dulu. Banten dengan segala pesona yang di miliki mampu menjadi kebanggaan semua. Terutama masyarakat yang tinggal di sana. 

Picture by bidikutama.com

Kang dan Nong julukan bagi Duta Wisata Banten adalah salah satu ujung tombak dalam mengenalkan Banten dengan segala pesonanya. Dengan segala kelebihan dan kekurangan, tetaplah bangga menjadi warga Banten. Tetaplah bangga menjadi warga negara Indonesia. Sebab, di mana bumi dipijak di sana langit dijunjung. (EP)










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Pohon Besar di Kalibata City Apartement

Saat saya sedang berjalan-jalan di Kalibata City Apartment, Jakarta Selatan. Pandangan saya tertarik pada sebuah pohon besar di samping belakang apartement. Ukuran pohonnya memang besar sekali. Pikir saya. ”Kenapa tidak ditebang? Bisa bahaya kalau roboh.”  Dokumen pribadi Saya pun iseng menanyakan hal tersebut kepada kawan yang sudah lama tinggal di sana. Jawabannya sungguh membuat merinding bulu kuduk.  “Gak ada yang bisa menebang pohon tersebut. Karena banyak penunggunya. Setiap malam ada saja yang melihat penampakan-penampakan dibawah pohon itu.”  Hiiii...Seram juga ya, pikir saya. “Makanya ada semacam meja kecil diatas pohon itu. Untuk tempat sesajen. Biar penunggunya gak mengganggu orang-orang di sini,” papar kawan saya. Diam-diam ada rasa penasaran dalam hati saya. Seperti apa sih pohon itu jika dilihat dari dekat?  Maka saya pun mendekati pohon tersebut. Memang besar sekali. Terlihat dari batangnya yang besar dan tinggi. Nama pohonnya ternyata pohon mahoni. Usianya lebih

Alhamdulillah Bisa Kentut

Uuupppss!!! Ini bukan bicara jorok atau kotor. Tapi hanya untuk mengingatkan. Bahwa maaf, kentut itu termasuk anugerah terindah yang patut disyukuri. Loh! Kok? Eits, jangan bengong begitu ah. Coba saja rasakan ketika kita beberapa hari ternyata enggak bisa kentut. Rasanya ini perut kembung dan enggak enak. Tapi begitu bisa kentut. Rasanya legaaaa...sekali. Bisa terbayang toh bagaimana mereka yang tidak bisa kentut atau BAB (Buang air besar) akhirnya harus ke rumah sakit untuk diambil tindakan. Maka bersyukurlah kita yang bisa kentut setiap saat. Selama ini kita mengucapkan syukur itu jika berhubungan dengan rezeki dan sesuatu yang menyenangkan.  "Alhamdulillah dagangan hari ini ludes."  Atau  "Alhamdulillah si kakak juara kelas." Sangat jarang jika mengeluarkan kentut langsung mengucap Alhamdulillah. Padahal kentut salah satu nikmat yang luar biasa.  Jadi mulai sekarang biasakan mengucap syukurnya bukan saja ketika berhubungan dengan rezeki dan gengsi.

Gaya Rambut Muslimah yang Dianjurkan

Gaya rambut seseorang biasanya mengikuti karakter diri orang tersebut. Jika ia seorang yang aktif dan energik. Maka gaya rambut yang dipilih biasanya model Demi Moore. Itu loh si cantik di film Ghost. Gaya rambut ala Demi Moore Image foto by Lifestyle Okezone Gaya rambut ala Demi Moore sempat nge-hits di jamannya. Atau gaya rambut ala Putri Diana. Mendiang istri Pangeran Charles dari Inggris ini tetap cantik dan anggun meski berambut pendek. Gaya rambut ala Putri Diana Image foto by pinteres Bagi orang yang memiliki rambut panjang disebut sebagai orang yang sabar. Karena memiliki rambut panjang memang butuh kesabaran. Terutama dalam hal perawatan. Image foto by tagged.com Sementara orang yang menyukai gaya rambut pendek disebut sebagai orang yang tidak sabaran. Ingin serba cepat dalam bertindak. Tentu orang yang seperti ini tidak akan sabar kalau harus merawat rambut. Itu semua pendapat yang saya yakini ketika belum berhijab. Setelah berhijab dan mengetahui