Langsung ke konten utama

Perayaan Milad Ketiga Blogger Muslimah Bertabur Ilmu dan Hadiah

JAKARTA, 10 Desember 2017 hari Minggu yang lalu. Komunitas Blogger Muslimah Indonesia merayakan hari jadinya yang ketiga. Bertempat di Proxsis Consulting Group, Gedung Permata Kuningan Lantai 17, Kawasan Episentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Hari itu saya berbaur dengan beberapa blogger muslimah yang datang dari berbagai tempat seperti Bogor, Citereup dan Cilegon menjadi peserta terpilih yang beruntung. Beruntung, karena bisa menghadiri Perayaan Milad ke-3 Blogger Muslimah secara langsung.

Tentu saja hal ini patut disyukuri. Sebab ada puluhan anggota Blogger Muslimah yang waiting list. Berharap terpilih untuk bisa ikut merayakan Milad ke-3 Blogger Muslimah secara langsung juga.

Maka dengan penuh suka cita, saya berangkat dari rumah di Tangerang pagi-pagi sekali. Agar tidak terlambat sampai ditujuan. Alhamdulillah, sampai tujuan paling awal beserta beberapa peserta lain yang sudah hadir.

Begitu tiba di lantai 17, tempat acara berlangsung. Saya langsung tertegun. Terkesima melihat ruangan yang tertata sedemikian rupa, layaknya perayaan ulang tahun pada umumnya.

Ada hiasan-hiasan lucu, balo warna-warni dan kado yang terbungkus cantik. Ruangan Proxsis Consulting Group yang pada pada dasarnya nyaman, unik dan artistik itu, menjadi lebih indah serta meriah dengan adanya hiasan-hiasan tersebut. Tentu saja hal ini menggugah hati untuk segera berselfie ria.

Tak berapa lama para peserta mulai berdatangan. Suasana bertambah semarak. Acara selfie dan foto bersama pun mewarnai suasana. Acara yang dijadwalkan mulai pada pukul 10.00 WIB tepat itu, segeralah dibuka oleh panitia pada pukul 09.30 WIB sambil menunggu peserta lain yang belum datang.

Tanpa menunggu jumlah peserta lengkap, panitia memulai acara. Jika menunggu sampai peserta lengkap, bisa molor dari jadwal yang telah ditetapkan. Untuk hal ini saya acung jempol untuk kesigapan panitia. Karena pada dasarnya saya orang yang selalu menjaga ketepatan waktu. Tidak suka dengan istilah ngaret.


Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, acara pertama diawali dengan menghadirkan Novia Syahidah Rais sebagai pendiri Komunitas Blogger Muslimah. Ia membuka acara dengan menjelaskan secara singkat, apa dan bagaimana Blogger Muslimah itu.




Bloggerr Muslimah yang dibentuk pada tanggal 1 Desember 2014 ini, awal dibentuknya sebagai motivasi diri si pendiri dalam hal kepenulisan. Novia Syahidah Rais yang merupakan salah satu dari jajaran penulis handal negeri ini, pernah merasakan penurunan semangat dalam masalah kepenulisan. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebab bisa mematikan kreativitas.

Hal itulah yang  mendasari ia dan beberapa kawan membentuk Komunitas Blogger Muslimah. Untuk menyemangati diri dan mewadahi para muslimah untuk senantiasa berdaya guna. Terutama dalam bidang kepenulisan. Dan ini sangat sesuai dengan tagline Blogger Muslimah yang berbunyi: Membaca Dunia, Menulis Semesta




Selanjutnya acara berupa kata sambutan dari pihak Proxsis Consulting Group selaku tuan rumah. Dalam hal ini Proxsis diwakili oleh Mas Aditya Akila, yang ternyata baru mengetahui bahwa ternyata ada Komunitas yang bernama Blogger Muslimah. "Pihak Proxsis merasa beruntung bisa bekerjasama dengan Blogger Muslimah yang sarat dengan visi dan misi bagus ini," ujarnya.

Pernyataan ini kontan disambut gembira oleh semua yang hadir. Semoga ke depannya antara Proxsis dan Blogger Muslimah bisa bersinergi menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Proxsis sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi. Bagi Anda yang ingin bekerjasama dengan perusahaan ini, bisa mengunjungi Instagramnya di https://www.instagram.com/proxsisconsulting/



Usai beberapa kata sambutan, acara selanjutnya yang telah dinanti-nanti adalah mendengarkan materi Kepribadian Muslimah, yang akan disampaikan oleh Ratih Sophie Azizah. Dengan mengambil topik "Mengenali Diri Sendiri" para peserta dikenalkan dengan istilah DISC. Alat tes psikologi yang digunakan untuk mengenali karakter seseorang.


DISC sendiri memiliki 4 ciri, yakni:

- Dominance
- Influence
- Steadiness
- Complain

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki makna dan ciri sebagai berikut:

- Dominan----------------------> ciri khasnya tegas
- Intim----------------------------> ciri khasnya komunikatif
- Stabil ------------------------->  ciri khasnya loyal
- Cermat ---------------------->   ciri khasnya perfect

Usai mendapatkan materi, para peserta diberi lembaran kertas berisi soal-soal yang harus dijawab dengan cepat dan tepat. Dan dari hasil itu para peserta bisa mengetahui karakter diri secara garis besar. Tak ayal senyum malu-malu kucing tersungging dari bibir para peserta, manakala mengetahui hasil tes kepribadian dirinya.

Dalam materi Kepribadian Muslimah ini, ada catatan khusus yang perlu dicamkan. "Bahwa sebagai Muslimah kita boleh membaur. Tapi jangan melebur. Dan ikatlah ilmu dengan menulis," ujar Ratih Sophie Azizah menutup sesi ini.





Seusai pemaparan materi  mengenai Kepribadian Muslimah, para peserta dipersilakan beristirahat sejenak sambil menikmati suguhan yang telah disediakan. Coffe Break istilahnya.

Disela-sela istirahat, para peserta diminta untuk segera berganti kostum dan siap-siap untuk foto bersama. Untuk kostum, panitia telah menyiapkan. Yaitu sebuah Gamis Seply berwarna biru muda dengan kombinasi warna hitam produksi Ethica Fashion.

Ethica merupakan perusahaan fashion yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Gamis Seply adalah salah satunya. Bahannya lembut dan aman di kulit. Saya yang tidak pernah mengenakan gamis, hari itu tampil percaya diri. Karena merasa cantik dan anggun mengenakan Gamis Seply ini.

Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui produk Ethica Fashion lainnya. Bisa intip Instagramnya, @Ethica.id



Penampilan para peserta bertambah cantik dengan aksesoris yang menghiasi jilbab dan gamis mereka. Aneka aksesoris itu merupakan produksi Evaldin Art. Jika Anda ingin memiliki koleksi lain dari Evaldin Art, bisa cek di Instagramnya @evaldin_art. Bisa lebih puas memilih model lain yang lebih lucu.



Setelah acara foto bersama dengan Gamis Seply yang cantik dan membuat penampilan terlihat anggun. Para peserta dipersilakan istirahat, sholat dan makan siang. Karena waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB.

Untuk menu makan siang, para peserta disuguhi satu paket nasi ayam bahagia. Dalam hati sempat Bergumam, "Kok namanya ayam bahagia sih? Artinya apa?" Setelah disantap. Hmmmm.....pantas diberi nama ayam bahagia. Lha, wong rasanya membahagiakan hati yang sedang lapar ini. Enak dan empuk. Siapa yang tak bahagia disuguhi sajian seenak ayam bahagia ini.

Usai acara ini jika ingin memesan lagi bisa langsung cuuuuusss ke alamat berikut: Jl. Kelapa Kopyor Raya Blok O1 No.12A, Kelapa Gading Indah, Jakarta Utara. Buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Telepon 0811-1868-900. Atau bisa juga cek dulu IG-nya @ayambahagia. Dijamin bahagia.





Usai ishoma, acara dilanjutkan dengan menghadirkan Mas Riandi Rahmat atau biasa dipanggil Mas Rian. SEO specialized dari digital finger.id yang akan menyampaikan materi dengan tajuk "Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog dan Website dengan SEO Management."

Materi yang cukup berat ini untungnya disampaikan secara santai dan cukup menyenangkan. Sehingga suasana siang itu penuh gelak dan canda tawa. Meski ada juga beberapa peserta yang sangat serius dan cukup tegang menyimak materi yang diberikan. Entah tertarik dengan materi yang disampaikan atau tertarik dengan si pemberi materi. Ups, tapi sesi ini dua-duanya sama menarik kok.

  
 
Ada beberapa poin penting dan sangat bermanfaat dari sesi ini. Diantaranya:

1. Bagaimana strategi mendapatkan backlink yang natural berkualitas

- Sediakan konten yang berkualitas sebagai pondasi
-    "Minta" kepada pemilik website lain
-    Broken link building
-    Resource link building
-.   Intip backlink dan strategi milik competitor


2. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung website

- Konten
- Keyword
- Judul
- URL
- Meta Description
- Media gambar
- Outbound link
- Internal link
- Sosial Sharing
- Kecepatan website

Dengan materi yang disampaikan di atas, sungguh beruntungnya kami yang bisa hadir di sini. Karena begitu banyak ilmu yang didapat.





Waktu terus bergulir. Tak terasa acara telah sampai di titik akhir. Setelah ditutup dengan beberapa patah kata dari panitia. Sesi berikut adalah pembagian hadiah dan door prize. Juga kembali para peserta diminta untuk foto bersama sebagai kenang-kenangan. Sesi ini menjadi penutup yang sempurna dari Perayaan Milad ke-3 Blogger Muslimah Indonesia.




Riuh rendah gelak tawa para peserta mewarnai suasana. Peserta yang mendapatkan hadiah tersenyum bahagia. Tapi peserta yang tak beruntung mendapatkan door prize, juga tetap tersenyum bahagia. Sebab seluruh peserta mendapatkan bingkisan menarik berisi aneka pernak-pernik cantik persembahan @Evaldin_Art, @Ethica.id, @Sheba_id




Sesi foto yang juga tak terlewatkan adalah saat para peserta mengenakan jaket bertuliskan Blogger Muslimah. Jaket berwarna ungu nan cantik ini produksi Supertwin Shop. Banyak yang iri melihat jaket yang kami kenakan ini saat posting di media sosial. Saya segera minta mereka cek di IG @supertwinshop. Karena banyak pilihan dan tidak hanya berupa jaket. Ada produk lain yang tak kalah menarik.


Sungguh kemeriahan yang tak akan terlupakan seumur hidup. Salut kepada panitia dan seluruh pihak yang terkait, yang telah bekerja keras menggelar acara Perayaan Milad ke-3 Blogger Muslimah sedemikian rupa. Semangat kalian menginspirasi kami untuk senantiasa bersemangat pula dalam menjalani semua.




Akhirnya, Selamat Ulang Tahun Blogger Muslimah. Teruslah Menginspirasi dan jangan lelah menebar kebaikan di semesta ini.


Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang Komunitas Blogger Muslimah lebih jauh. Bisa Klik di sini www.bloggermuslimah.id


Minggu, 10 Desember 2017

#milad3bloggermuslimah






Komentar

  1. Keren mb Denik, suka nih, bahasan mudah dimengerti dan informatif.

    BalasHapus
  2. Keren mb Denik, suka nih, bahasan mudah dimengerti dan informatif.

    BalasHapus
  3. Huhuhu.. Aku belum... Nyontek ya, Mbak Denik.. Hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...Monggo Mba di intip2. Masih apalah-apalah. Semoga dapat inspirasi.

      Hapus
  4. Rasanya kaya "diceritain" langsung ga berasa baca hehe sangat mengalir dan informasinya disampaikan secara lugas :)

    BalasHapus
  5. Semangatnya bu Denik dateng ke acara ini, jelas terbaca kalo memang terbayarkan ya dengan keseruannya di Milad Blogger Muslimah ke 3 . hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... betul. Harus semangat. Lha wong sudah terpilih itu sesyukuran sendiri loh!.. Hehehe

      Hapus
  6. Mbak Denik ini...memang ya, kalau dibaca tulisannya seperti sedang berada di depan orangnya...kayak ngobrol berdua aja kita. Semoga kita makin semangat membagikan kebaikan bareng komunitas sekeren Bloggger Muslimah ini, Insya Allah:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiiii....Mba! Wah, senenge ketemu sampean kemarin itu. Saking serunya cerita2 sampe lupa mau tanya-tanya ttg blog..hihihi

      Hapus
  7. Seru banget ya mbak acara miladnya, semoga Blogger Muslimah terus berkembang dan mengembangkan sayap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin...iya, Mba. Semoga bisa berjumpa lagi ya di lain acara😃

      Hapus
  8. Seruuu. Alhamdulillah kalo peserta enjoy n bisa nikmatin acaranya. Mudah2an ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  9. Keren mba denik sangat informatif , alhamdulilah yah bisa kepilih di milad 3 nya BM semoga tahun depan kita bisa ikutan lagi ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin. Hihihi...iya, Mba semoga kepilih terus setiap BM membuat event.

      Hapus
  10. Asyeeekk ketemu mbak Denik dan member Blogger Muslimah lainnya :D
    Materinya menarik, makanannya enak, hadiahnya banyak, alhamdulillah ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...iya, mba. Semoga bisa ketemu lagi ya di lain kesempatan.

      Hapus
  11. Keren deh acara ultah blogger muslimah, huhuhu sayang nggak bisa datang jauuhh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Pohon Besar di Kalibata City Apartement

Saat saya sedang berjalan-jalan di Kalibata City Apartment, Jakarta Selatan. Pandangan saya tertarik pada sebuah pohon besar di samping belakang apartement. Ukuran pohonnya memang besar sekali. Pikir saya. ”Kenapa tidak ditebang? Bisa bahaya kalau roboh.”  Dokumen pribadi Saya pun iseng menanyakan hal tersebut kepada kawan yang sudah lama tinggal di sana. Jawabannya sungguh membuat merinding bulu kuduk.  “Gak ada yang bisa menebang pohon tersebut. Karena banyak penunggunya. Setiap malam ada saja yang melihat penampakan-penampakan dibawah pohon itu.”  Hiiii...Seram juga ya, pikir saya. “Makanya ada semacam meja kecil diatas pohon itu. Untuk tempat sesajen. Biar penunggunya gak mengganggu orang-orang di sini,” papar kawan saya. Diam-diam ada rasa penasaran dalam hati saya. Seperti apa sih pohon itu jika dilihat dari dekat?  Maka saya pun mendekati pohon tersebut. Memang besar sekali. Terlihat dari batangnya yang besar dan tinggi. Nama pohonnya ternyata pohon mahoni. Usianya lebih

Alhamdulillah Bisa Kentut

Uuupppss!!! Ini bukan bicara jorok atau kotor. Tapi hanya untuk mengingatkan. Bahwa maaf, kentut itu termasuk anugerah terindah yang patut disyukuri. Loh! Kok? Eits, jangan bengong begitu ah. Coba saja rasakan ketika kita beberapa hari ternyata enggak bisa kentut. Rasanya ini perut kembung dan enggak enak. Tapi begitu bisa kentut. Rasanya legaaaa...sekali. Bisa terbayang toh bagaimana mereka yang tidak bisa kentut atau BAB (Buang air besar) akhirnya harus ke rumah sakit untuk diambil tindakan. Maka bersyukurlah kita yang bisa kentut setiap saat. Selama ini kita mengucapkan syukur itu jika berhubungan dengan rezeki dan sesuatu yang menyenangkan.  "Alhamdulillah dagangan hari ini ludes."  Atau  "Alhamdulillah si kakak juara kelas." Sangat jarang jika mengeluarkan kentut langsung mengucap Alhamdulillah. Padahal kentut salah satu nikmat yang luar biasa.  Jadi mulai sekarang biasakan mengucap syukurnya bukan saja ketika berhubungan dengan rezeki dan gengsi.

Gaya Rambut Muslimah yang Dianjurkan

Gaya rambut seseorang biasanya mengikuti karakter diri orang tersebut. Jika ia seorang yang aktif dan energik. Maka gaya rambut yang dipilih biasanya model Demi Moore. Itu loh si cantik di film Ghost. Gaya rambut ala Demi Moore Image foto by Lifestyle Okezone Gaya rambut ala Demi Moore sempat nge-hits di jamannya. Atau gaya rambut ala Putri Diana. Mendiang istri Pangeran Charles dari Inggris ini tetap cantik dan anggun meski berambut pendek. Gaya rambut ala Putri Diana Image foto by pinteres Bagi orang yang memiliki rambut panjang disebut sebagai orang yang sabar. Karena memiliki rambut panjang memang butuh kesabaran. Terutama dalam hal perawatan. Image foto by tagged.com Sementara orang yang menyukai gaya rambut pendek disebut sebagai orang yang tidak sabaran. Ingin serba cepat dalam bertindak. Tentu orang yang seperti ini tidak akan sabar kalau harus merawat rambut. Itu semua pendapat yang saya yakini ketika belum berhijab. Setelah berhijab dan mengetahui