Langsung ke konten utama

Serunya Membuat Ketupat Lebaran

Lebaran tiba, lebaran tiba. Alhamdulillah akhirnya kita masih bisa merayakan lebaran. Meski di tengah kondisi pandemi.

Pasti dong teman-teman memiliki keseruan dalam menyambut hari lebaran. Kalau aku nih keseruan yang paling kuingat dan masih dilakukan sampai sekarang adalah membuat kulit ketupat sendiri.


Dokpri

"Iiih, ngapain repot-repot bikin kulit ketupat? Beli kan banyak."

Betul. Memang banyak. Tapi aku lebih senang membuat sendiri. Seru saja. Sekalian mengasah kembali ketrampilan membuat ketupat.

Jadi sejak kecil aku sudah diajari membuat kulit ketupat oleh ibu. Karena ibu memang membuat sendiri kulit ketupatnya. 

Kata ibu anak perempuan itu mesti bisa membuat kulit ketupat. Biar menjadi perempuan sejati. Aku sih nurut saja. Padahal apa pengaruhnya dengan kesejatiannya seorang perempuan? 

Mungkin itu cara ibu mendidik anak perempuan agar serba bisa. Walau dulu kerap ngomel karena ternyata susah membuat kulit ketupat itu. Setelah dewasa ada hikmah dan manfaatnya juga. 

Pertama harga janur lebih murah dibandingkan dengan kulit ketupat yang sudah jadi. Kedua lidi bekas janurnya bisa kita buat sapu lidi. 


Dokpri

Aku  baru sadar bahwa apa yang ibu ajarkan itu sebuah bentuk didikan untuk belajar hemat. Memang betul sih. Sekarang baru bisa tersenyum bahkan tertawa.

Keseruan membuat kulit ketupat ternyata tak lekang oleh waktu. Dari dulu sampai sekarang. Bagaimana dengan teman-teman semua? (EP)


Komentar

  1. Mbak Denn.. aku nyerah kalau bikin kulitnya... sudah nyoba berapa kali, ngga berbentuk jadinya, hehhee. jadi lebaran kemarin aku beli kulit ( selongsong ) ketupat di pasar, 10 biji harga 15.000, dan itu pertama kalinya aku membuat / mengisi ketupat sendiri. Alhamdulillah, berhasil.. ketupatnya pas isiannya, ngga terlalu keras atau terlalu lembek.. memang berkesan ya, kalau membuat sendiri, meskipun hanya "ngisinya" aja, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Alhamdulillah pas ya isiannya Mba. Aku justru gagal di sini. Kalo gak kelembekkan eh kekerasan... hehehe

      Hapus
  2. Bener banget mbak, di tempat ibuku malah janurnya gratis karena byk pohon kelapa. Tp sayangnya aku ga telaten dan ga bisa bikin ketupat janur🤣

    BalasHapus
  3. Masya Allah tabarakallah ❤️ rajin banget kayak mama ku hehhehe aku belum bisa bikin ketupat, minta sama mama atau mertua biar sekalian heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Alhamdulillah bikin kulitnya bisa. Tapi ngisinya yang justru belum pernah pas Mba.

      Hapus
  4. selalu salut dengan orang yang bisa sabar dan telaten buat ketupat gini, Mbak.
    pasti rasanya juga jadi lebih berbeda ya, karena semua murni buatan sendiri dong ya (kecuali bahannya tentu saja) lebih nikmat dan endus pasti nih rasa ketupatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba Asik aja. Biasanya ada lebih kulit ketupatnya. Jadi bisa dibikin lagi kalo merasa kurang. Kalo beli jadi kan ya udah sesuai yg kita beli jumlah ketupatnya.

      Hapus
  5. Ak belom pernah belajar tuh Mba. Kayaknya ribet yaa, hehe. Tapi enak ngeliat cara bikinnya aja trus ak yang bagian isi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Agak ribet. Aku juga awalnya salah arah terus. Lama-lama baru deh bener.. hehehe

      Hapus
  6. Mbak...daku sejak kecil udah latihan dan selalu gagal, jadinya nggak bisa deh. Aku selalu kagum sama orang yang bisa buat ketupat, amat susah soale.

    BalasHapus
  7. Keren mbak, aku aja ga sabaran mba buat ketupat. Duh pengen emosi aja, hehehe. Tapi memang belajar buat kulit ketupat jadi melatih kesabaran ya mbak

    BalasHapus
  8. Sama kaya aku mba, kalau mau lebaran ketupat bikin sendiri. Selain sudah menjadi tradisi, senang saja melakukan aktivitas setahun sekali ini. Alhamdulillah, walau jarang dilakukan tapi selalu ingat step-step membuat cangkang ketupat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, asik dan seru ya Mba kalo bikin sendiri. Lebih puas. Aku juga bikinnya pas lebaran aja kok.

      Hapus
  9. Aku pernah diajarin ayah bikin ketupat, entah kenapa malah jadi njelimet gitu Mba. Haha, ya ampun. Saya tim makannya aja kalau gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha....iya sih memang njlimet. Tapi seru kalo sudah berhasil.

      Hapus
  10. Mau donk Mbak diajarin. Saya sudah lama ingin banget buat sendiri, karena seru bikinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, boleh. Iya, seru Mba. Apalagi kalo salah masukin arahnya. Makin seru dan bikin kesel... hehehe

      Hapus
  11. Aku nyerah deh kalau disuruh bikin ketupat. Pernah belajar tapi gak rapi. Alhasil smpi sekarang gak bisa bikin. Malah klu lebaran beli yg siap dimakan...wkwk ...Hebat mba bisa bikin sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mba. Iya, gampang-gampang susah. Adikku juga pada gak bisa. Pusing lah kata dia. Mending beli ketupat jadi.

      Hapus
  12. hai mbak Denik, aku pengen bisa buat ketupat lebaran. gak bisa bisa. udah ikuti tutorial tetap belum bisa. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...aku juga lama baru bisa. Ayo Mba semangaaatt.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Pohon Besar di Kalibata City Apartement

Saat saya sedang berjalan-jalan di Kalibata City Apartment, Jakarta Selatan. Pandangan saya tertarik pada sebuah pohon besar di samping belakang apartement. Ukuran pohonnya memang besar sekali. Pikir saya. ”Kenapa tidak ditebang? Bisa bahaya kalau roboh.”  Dokumen pribadi Saya pun iseng menanyakan hal tersebut kepada kawan yang sudah lama tinggal di sana. Jawabannya sungguh membuat merinding bulu kuduk.  “Gak ada yang bisa menebang pohon tersebut. Karena banyak penunggunya. Setiap malam ada saja yang melihat penampakan-penampakan dibawah pohon itu.”  Hiiii...Seram juga ya, pikir saya. “Makanya ada semacam meja kecil diatas pohon itu. Untuk tempat sesajen. Biar penunggunya gak mengganggu orang-orang di sini,” papar kawan saya. Diam-diam ada rasa penasaran dalam hati saya. Seperti apa sih pohon itu jika dilihat dari dekat?  Maka saya pun mendekati pohon tersebut. Memang besar sekali. Terlihat dari batangnya yang besar dan tinggi. Nama pohonnya ternyata pohon mahoni. Usianya lebih

Alhamdulillah Bisa Kentut

Uuupppss!!! Ini bukan bicara jorok atau kotor. Tapi hanya untuk mengingatkan. Bahwa maaf, kentut itu termasuk anugerah terindah yang patut disyukuri. Loh! Kok? Eits, jangan bengong begitu ah. Coba saja rasakan ketika kita beberapa hari ternyata enggak bisa kentut. Rasanya ini perut kembung dan enggak enak. Tapi begitu bisa kentut. Rasanya legaaaa...sekali. Bisa terbayang toh bagaimana mereka yang tidak bisa kentut atau BAB (Buang air besar) akhirnya harus ke rumah sakit untuk diambil tindakan. Maka bersyukurlah kita yang bisa kentut setiap saat. Selama ini kita mengucapkan syukur itu jika berhubungan dengan rezeki dan sesuatu yang menyenangkan.  "Alhamdulillah dagangan hari ini ludes."  Atau  "Alhamdulillah si kakak juara kelas." Sangat jarang jika mengeluarkan kentut langsung mengucap Alhamdulillah. Padahal kentut salah satu nikmat yang luar biasa.  Jadi mulai sekarang biasakan mengucap syukurnya bukan saja ketika berhubungan dengan rezeki dan gengsi.

Gaya Rambut Muslimah yang Dianjurkan

Gaya rambut seseorang biasanya mengikuti karakter diri orang tersebut. Jika ia seorang yang aktif dan energik. Maka gaya rambut yang dipilih biasanya model Demi Moore. Itu loh si cantik di film Ghost. Gaya rambut ala Demi Moore Image foto by Lifestyle Okezone Gaya rambut ala Demi Moore sempat nge-hits di jamannya. Atau gaya rambut ala Putri Diana. Mendiang istri Pangeran Charles dari Inggris ini tetap cantik dan anggun meski berambut pendek. Gaya rambut ala Putri Diana Image foto by pinteres Bagi orang yang memiliki rambut panjang disebut sebagai orang yang sabar. Karena memiliki rambut panjang memang butuh kesabaran. Terutama dalam hal perawatan. Image foto by tagged.com Sementara orang yang menyukai gaya rambut pendek disebut sebagai orang yang tidak sabaran. Ingin serba cepat dalam bertindak. Tentu orang yang seperti ini tidak akan sabar kalau harus merawat rambut. Itu semua pendapat yang saya yakini ketika belum berhijab. Setelah berhijab dan mengetahui