Langsung ke konten utama

Rencanaku 5 Tahun ke Depan? Yuk Cari Tahu

Hidup terencana dan memiliki rencana-rencana ke depan sebenarnya bagus. Namun tidak semua orang bisa cocok dengan gaya hidup demikian. Salah satunya aku.

Entah kenapa aku tuh enggak pernah bisa sukses dengan segala hal yang direncanakan. Justru yang mendadak dan tanpa rencana yang biasanya berhasil. Lebih mengikuti alur sih. Biarkan semua mengalir seperti air.

Makanya kalau sudah membuat rencana biasanya aku banyak berdoa dan mohon doa dari teman-teman. Agar diberikan kelancaran. Setidaknya kalau pun gagal ada support dari mereka.

Namun karena kali ini diminta untuk menuliskan Rencana 5 Tahun ke Depan. Maka baiklah. Ini mungkin yang bisa aku gambarkan.

1 . Ingin Umroh

Picture by pixabay

Setiap umat muslim pasti dong ingin sekali pergi ke tanah haram, Mekkah dan Madinah. Begitu juga dengan aku. Inginnya sebelum jangka waktu 5 tahun sudah bisa ke sana. Harapannya seperti itu. Semoga ya Allah. Aamiin.

2 . Menggelar Pameran

Melayani pengunjung pameran (dokpri)

Beberapa tahun yang lalu aku pernah mengikuti festival pembaca Indonesia. Aku membuka booth yang memamerkan buku-buku koleksiku. Berupa buku karya penulis-penulis Indonesia kenamaan. Lengkap dengan profil, buku karya mereka dan perjuanganku dalam mewawancarai mereka. Sekarang ini kan koleksiku sudah bertambah. Tentu sangat bagus jika 5 tahun ke depan dipamerkan. Agar anak-anak milenia mengenal sastrawan Indonesia.

3 . Memiliki Kafe

Picture by pixabay

Kafe yang dimaksud sih bukan sepenuhnya komersial. Tapi lebih untuk mewadahi teman-teman yang ingin berkreasi dan berdiskusi. Selama ini kan mencari tempat semacam itu butuh biaya sewa yang lumayan. Nah, di kafe yang kubangun mereka bisa deh puas berdiskusi. Semacam itulah. Semoga terwujud. Aamiin.

4 . Menjejakkan Kaki di Lima Pulau Besar Indonesia

Picture by haloedukasi.com

Inginnya sih keliling Indonesia. Tapi jika tidak terwujud karena situasi dan kondisi saat ini. Setidaknya lima pulau besar Indonesia dijajakilah. Selama ini baru pulau Sumatera, Jawa dan NTT. Tinggal Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, Maluku dan Papua.

5 . Ingin Melongok Timor Leste

Picture by Jatim Times.com

Sebenarnya tahun 2020 nyaris saja ke sana jika tidak ada penutupan akibat pandemi. Karena aku sudah tiba di Atambua. Namanya belum kodarullah jadi ya tidak bisa melintas ke sana. Semoga suatu saat keinginan ini bisa terwujud. Kenapa ingin sekali ke sana? Karena mereka kan dulunya bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi masih saudara setanah air toh sebenarnya? 

Itulah beberapa rencana 5 tahun ke depan secara umum yang bisa kujabarkan. Dalam prakteknya sih aku lebih menjalani saja apa yang ada dan terjadi saat ini dengan sepol kemampuan. Dengan sebaik mungkin. Bagaimana dengan teman-teman? (EP)


#BPNRamadan2021




Komentar

  1. Apakah mbak adalah aku? Wkwkwk
    Soalnya kl aku punya rencana malah jarang tercapai, tapi byk hal yg ga direncanakan justru mulus2 aja. Hhh
    Tp gpp apapun itu bersyukur dan percaya kl Tuhan udah ngasih yg terbaik buat kita. Aku jg mau kalau ditawarin 5 rencana diatas. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...toss Mba. Entah, ya? Kata orang apa-apa harus ada perencanaan. Lha, aku gagal terus kalo direncanakan. Mending yang serba dadakan malah jadi.

      Hapus
  2. Semoga mbak Bisa umroh ya. Aku pun ingin umroh namun kok mikir pandemi kapan berakhir. dan akhirnya bisa berserah saja kepada Allah swt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Doa yang sama untuk Mba ya? Semoga pandemi segera berakhir.

      Hapus
  3. Kuranf lebih sama sih kak, aku pengen Haji Plus, Umroh + Turki di musim semi, Musim salju di Korea, Musim Panas di Maldives dan Musim gugur di Eropa... Semoga ada rezekinya aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin. Semoga pandemi segera berakhir ya? Jadi aman dan tenang kemana-mana ya Mba.

      Hapus
  4. semoga keinginannya terwujud ya, mbak. memang nih kadang impian nggak selalu bisa berjalan sesuai rencana

    BalasHapus
  5. Semoga terlaksana segala keinginannya ya Mbaa, btw, aku juga pengin banget punya kafe gitu, sekalian dikasih booth literasi keren pasti

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Pohon Besar di Kalibata City Apartement

Saat saya sedang berjalan-jalan di Kalibata City Apartment, Jakarta Selatan. Pandangan saya tertarik pada sebuah pohon besar di samping belakang apartement. Ukuran pohonnya memang besar sekali. Pikir saya. ”Kenapa tidak ditebang? Bisa bahaya kalau roboh.”  Dokumen pribadi Saya pun iseng menanyakan hal tersebut kepada kawan yang sudah lama tinggal di sana. Jawabannya sungguh membuat merinding bulu kuduk.  “Gak ada yang bisa menebang pohon tersebut. Karena banyak penunggunya. Setiap malam ada saja yang melihat penampakan-penampakan dibawah pohon itu.”  Hiiii...Seram juga ya, pikir saya. “Makanya ada semacam meja kecil diatas pohon itu. Untuk tempat sesajen. Biar penunggunya gak mengganggu orang-orang di sini,” papar kawan saya. Diam-diam ada rasa penasaran dalam hati saya. Seperti apa sih pohon itu jika dilihat dari dekat?  Maka saya pun mendekati pohon tersebut. Memang besar sekali. Terlihat dari batangnya yang besar dan tinggi. Nama pohonnya ternyata pohon mahoni. Usianya lebih

Alhamdulillah Bisa Kentut

Uuupppss!!! Ini bukan bicara jorok atau kotor. Tapi hanya untuk mengingatkan. Bahwa maaf, kentut itu termasuk anugerah terindah yang patut disyukuri. Loh! Kok? Eits, jangan bengong begitu ah. Coba saja rasakan ketika kita beberapa hari ternyata enggak bisa kentut. Rasanya ini perut kembung dan enggak enak. Tapi begitu bisa kentut. Rasanya legaaaa...sekali. Bisa terbayang toh bagaimana mereka yang tidak bisa kentut atau BAB (Buang air besar) akhirnya harus ke rumah sakit untuk diambil tindakan. Maka bersyukurlah kita yang bisa kentut setiap saat. Selama ini kita mengucapkan syukur itu jika berhubungan dengan rezeki dan sesuatu yang menyenangkan.  "Alhamdulillah dagangan hari ini ludes."  Atau  "Alhamdulillah si kakak juara kelas." Sangat jarang jika mengeluarkan kentut langsung mengucap Alhamdulillah. Padahal kentut salah satu nikmat yang luar biasa.  Jadi mulai sekarang biasakan mengucap syukurnya bukan saja ketika berhubungan dengan rezeki dan gengsi.

Gaya Rambut Muslimah yang Dianjurkan

Gaya rambut seseorang biasanya mengikuti karakter diri orang tersebut. Jika ia seorang yang aktif dan energik. Maka gaya rambut yang dipilih biasanya model Demi Moore. Itu loh si cantik di film Ghost. Gaya rambut ala Demi Moore Image foto by Lifestyle Okezone Gaya rambut ala Demi Moore sempat nge-hits di jamannya. Atau gaya rambut ala Putri Diana. Mendiang istri Pangeran Charles dari Inggris ini tetap cantik dan anggun meski berambut pendek. Gaya rambut ala Putri Diana Image foto by pinteres Bagi orang yang memiliki rambut panjang disebut sebagai orang yang sabar. Karena memiliki rambut panjang memang butuh kesabaran. Terutama dalam hal perawatan. Image foto by tagged.com Sementara orang yang menyukai gaya rambut pendek disebut sebagai orang yang tidak sabaran. Ingin serba cepat dalam bertindak. Tentu orang yang seperti ini tidak akan sabar kalau harus merawat rambut. Itu semua pendapat yang saya yakini ketika belum berhijab. Setelah berhijab dan mengetahui