Langsung ke konten utama

Amalan-amalan Andalan di Bulan Ramadhan

Seperti sudah diketahui oleh semua bahwasanya bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Bulan yang didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Yaitu malam Lailatul Qadar. 

Tentu sebagai umat muslim kita semua ingin bisa menjumpai malam tersebut. Caranya dengan memperbanyak ibadah dan mengurangi waktu tidur. Artinya ketika malam hari kebanyakan orang tertidur lelap. Kita justru meningkatkan amal ibadah. 

Jika hari biasa kita hanya bangun malam untuk salat tahajud dua rakaat. Apa salahnya jika dalam bulan Ramadhan ditingkatkan menjadi 11 rakaat. Sebab didalam bulan Ramadhan setiap kebaikan yang kita lakukan dilipatgandakan.

Maka jangan sia-siakan kefadholan atau keutamaan di bulan Ramadhan tersebut. Dengan cara merutinkan amalan yang akan menjadi amalan andalan kita. 

Berikut beberapa amalan yang bisa dijadikan sebagai amalan andalan.

1 .  Zikir

Image foto by gakkreatif.com

Mengingat dan menyebut nama Allah setiap saat. Kalau hari biasa zikirnya setelah salat lima waktu. Bulan Ramadhan harus ditingkatkan.

Memperbanyak zikir membuat kita disayang oleh Allah. Kalau sudah disayang, apa sih yang enggak diberi? 

Ya diberi ampunan. Diberi pertolongan dan dimudahkan segala urusan kita. Enak bukan?

2 . Membaca Al-Qur'an

Image foto by Bangkapos

Karena kesibukan sehari-hari maka kita membaca Al-Qur'annya kalau sempat saja. Kalau ada waktu longgar. Seperti itu bukan kenyataan sehari-hari?

Padahal pahala membaca Al-Quran tidak sedikit loh! Setiap satu huruf yang kita baca diganjar dengan sepuluh kebaikan. Bulan Ramadhan dilipatgandakan. Apa tidak banyak tuh pahala yang kita kumpulkan jika kita mau berpikir.

Kapan lagi mengumpulkan pahala sebanyak itu kalau bukan di bulan Ramadhan. Maka rutinkan bacaan Al-Quran kita. Kalau bisa targetkan untuk khatam selama satu bulan ini. Susah? Bisa. Asal mau dan mempersungguh. Insya Allah dimudahkan oleh Allah.

3 . Sodaqoh

Image foto by suaramuhamadiyah

Sodaqoh atau sedekah bisa menjadi penjaga kita dari jilatan api neraka. Oleh karenanya jangan enggan bersodaqoh.

Tak harus banyak jika tak memiliki banyak harta. Tiga buah kurma pun asal rutin disodaqohkan lebih baik daripada tidak. Justru Allah lebih menyukai amalan yang sedikit tetapi rutin. Ketimbang banyak tetapi hanya sesekali.

4 . Salat Malam atau Tahajud

Image foto by bersamadakwah

Salat tahajud merupakan salat sunah yang paling utama dibandingkan dengan salat sunah yang lain. 

Jika hari biasa kita enggan bangun karena takut mengantuk saat di kantor atau sekolah. Maka di bulan Ramadhan pengecualian. 

Selain untuk mendapatkan pahala berlipat. Kita pun di bulan Ramadhan akan bangun awal untuk sahur. Nah, sambil menunggu sahur gunakan waktu tersebut untuk memperbanyak salat sunah. Salah satunya salat tahajud.

5 . Salat Dhuha
Seperti sudah diketahui bahwa salat Dhuha merupakan salat untuk membuka pintu rezeki. Jika ingin mendapat rezeki berlipat maka rutinkan salat Dhuhanya.

Berat? Tidak. Selama kita mau mengingat bahwa pahalanya berlipat-lipat selama bulan Ramadhan ini.

Maka jangan sia-siakan semua kebaikan yang ada di bulan ini. Itu beberapa amalan andalan yang bisa dirutinkan. Semoga bermanfaat. (EP)


#BloggerPerempuan
#30harikebaikanBPN
#BPNramadhanchallenge
#BPNblogpostchallengeday19 

Komentar

  1. MasyaAllah semoga kita semua diberi kemampuan untuk memaksimalkan semua amalan. Aamiin

    BalasHapus
  2. semoga kita termasuk kedalam orang yang beruntung untuk memaksimalkan ibadah di bulan puasa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Pohon Besar di Kalibata City Apartement

Saat saya sedang berjalan-jalan di Kalibata City Apartment, Jakarta Selatan. Pandangan saya tertarik pada sebuah pohon besar di samping belakang apartement. Ukuran pohonnya memang besar sekali. Pikir saya. ”Kenapa tidak ditebang? Bisa bahaya kalau roboh.”  Dokumen pribadi Saya pun iseng menanyakan hal tersebut kepada kawan yang sudah lama tinggal di sana. Jawabannya sungguh membuat merinding bulu kuduk.  “Gak ada yang bisa menebang pohon tersebut. Karena banyak penunggunya. Setiap malam ada saja yang melihat penampakan-penampakan dibawah pohon itu.”  Hiiii...Seram juga ya, pikir saya. “Makanya ada semacam meja kecil diatas pohon itu. Untuk tempat sesajen. Biar penunggunya gak mengganggu orang-orang di sini,” papar kawan saya. Diam-diam ada rasa penasaran dalam hati saya. Seperti apa sih pohon itu jika dilihat dari dekat?  Maka saya pun mendekati pohon tersebut. Memang besar sekali. Terlihat dari batangnya yang besar dan tinggi. Nama pohonnya ternyata pohon mahoni. Usianya lebih

Alhamdulillah Bisa Kentut

Uuupppss!!! Ini bukan bicara jorok atau kotor. Tapi hanya untuk mengingatkan. Bahwa maaf, kentut itu termasuk anugerah terindah yang patut disyukuri. Loh! Kok? Eits, jangan bengong begitu ah. Coba saja rasakan ketika kita beberapa hari ternyata enggak bisa kentut. Rasanya ini perut kembung dan enggak enak. Tapi begitu bisa kentut. Rasanya legaaaa...sekali. Bisa terbayang toh bagaimana mereka yang tidak bisa kentut atau BAB (Buang air besar) akhirnya harus ke rumah sakit untuk diambil tindakan. Maka bersyukurlah kita yang bisa kentut setiap saat. Selama ini kita mengucapkan syukur itu jika berhubungan dengan rezeki dan sesuatu yang menyenangkan.  "Alhamdulillah dagangan hari ini ludes."  Atau  "Alhamdulillah si kakak juara kelas." Sangat jarang jika mengeluarkan kentut langsung mengucap Alhamdulillah. Padahal kentut salah satu nikmat yang luar biasa.  Jadi mulai sekarang biasakan mengucap syukurnya bukan saja ketika berhubungan dengan rezeki dan gengsi.

Gaya Rambut Muslimah yang Dianjurkan

Gaya rambut seseorang biasanya mengikuti karakter diri orang tersebut. Jika ia seorang yang aktif dan energik. Maka gaya rambut yang dipilih biasanya model Demi Moore. Itu loh si cantik di film Ghost. Gaya rambut ala Demi Moore Image foto by Lifestyle Okezone Gaya rambut ala Demi Moore sempat nge-hits di jamannya. Atau gaya rambut ala Putri Diana. Mendiang istri Pangeran Charles dari Inggris ini tetap cantik dan anggun meski berambut pendek. Gaya rambut ala Putri Diana Image foto by pinteres Bagi orang yang memiliki rambut panjang disebut sebagai orang yang sabar. Karena memiliki rambut panjang memang butuh kesabaran. Terutama dalam hal perawatan. Image foto by tagged.com Sementara orang yang menyukai gaya rambut pendek disebut sebagai orang yang tidak sabaran. Ingin serba cepat dalam bertindak. Tentu orang yang seperti ini tidak akan sabar kalau harus merawat rambut. Itu semua pendapat yang saya yakini ketika belum berhijab. Setelah berhijab dan mengetahui