Langsung ke konten utama

Tips Mengajak Anak-anak Belajar Puasa

PUASA RAMADHAN. Salah satu kewajiban umat muslim yang harus dijalankan. Tentu saja bagi mereka yang sudah memenuhi syarat. Diantaranya sehat, berakal dan baliq. Baliq menurut Islam, untuk anak perempuan jika sudah mengalami datang bulan. Sedangkan untuk anak laki-laki jika mereka sudah mengalami mimpi basah.

Usia mereka bervariasi. Untuk anak perempuan ada yang usia 9 tahun sudah datang bulan. Sementara anak laki-laki sekitar usia 15 tahun. Jika seorang anak sudah baliq. Maka seluruh kewajiban ibadah sudah menjadi tanggungjawab masing-masing.

Untuk menuju tahap ini, seorang anak sejak dini sudah mulai diperkenalkan pada kewajiban-kewajiban dalam beragama. Seperti salat dan puasa. 

Menjadi PR tersendiri ketika mulai mengajak anak untuk berpuasa. Sebab puasa itu menahan diri untuk tidak makan dan minum mulai dari terbit matahari sampai terbenam matahari.

Orang dewasa saja ada yang merasa berat menjalani puasa. Apalagi anak-anak. Namun demikian namanya kewajiban maka harus dikerjakan. Meski terasa berat.

Ketika pertama kali mengajak jagoan kecil di rumah berpuasa, ia berusia baru berusia 5 tahun. Masih taman kanak-kanak. Berhubung sekolah Islam maka ia sudah mengerti tentang apa itu puasa. Saya tinggal memberi gambaran saja tentang kebaikan dan pahala dari puasa yang kita lakukan.

Berikut ini tips yang saya gunakan untuk mengajaknya berpuasa:

1 . Memberi gambaran tentang pahala berpuasa.

Image foto by edunew

Di sini lebih ke arah bercerita. Jadi saya ceritakan kepadanya pahala apa yang kita dapatkan jika berpuasa. Juga tentang apa yang terjadi jika kita tak berpuasa. Alhamdulillah ia menjadi bersemangat untuk berpuasa

2 . Beri Reward atau hadiah 

Image foto by blibli

Ketika si jagoan cilik mau ikut berpuasa. Saya janjikan dia hadiah. Tentu saja ini bukan iminh-iming semata. Tetapi benar. Jadi saya sudah jauh-jauh hari mempersiapkannya. Terbukti hal ini ampuh untuk membuatnya ikhlas menjalani puasa. Tentu saja puasa setengah hari dulu. 

3 . Bebaskan dia bermain seperti biasa

Image foto by menulissampaikelar

Namanya dunia anak-anak tentu yang ada dipikirannya adalah bermain dan bermain. Begitu pula ketika berpuasa. Ia tetap ingin bermain seperti biasa dengan teman-teman nya. Saya berikan kebebasan dengan catatan kalau haus tidak boleh minum sebelum pukul 12 siang.

Karena efek bermain yang menggunakan energi gerak mengakibatkan ia cepat haus. Dengan demikian ia bisa merasakan sendiri efek bermain tersebut dan mulai berpikir.

4 . Ajak tidur siang

Image foto by bidanku

Biasakan untuk mengajak si jagoan tidur siang. Agar metabolisme  tubuhnya terbiasa beristirahat di jam-jam tertentu. Sehingga tanpa kita suruh dengan sendirinya ia akan mengantuk. Terutama di bulan puasa seperti ini. (EP)


#BloggerPerempuan
#30harikebaikanBPN
#BPNramadanchallenge
# BPNblogpostchallengeday21

Komentar

  1. Mengajak anak berpuasa bukan berarti harus membuatny wajib berpuasa. Butuh proses agar anak tahu kewajiban dan tanggung jawabnya pada Sang Pencipta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba. Diberi kepahaman dulu biar tidak terpaksa melakukan kewajibannya kelak.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Pohon Besar di Kalibata City Apartement

Saat saya sedang berjalan-jalan di Kalibata City Apartment, Jakarta Selatan. Pandangan saya tertarik pada sebuah pohon besar di samping belakang apartement. Ukuran pohonnya memang besar sekali. Pikir saya. ”Kenapa tidak ditebang? Bisa bahaya kalau roboh.”  Dokumen pribadi Saya pun iseng menanyakan hal tersebut kepada kawan yang sudah lama tinggal di sana. Jawabannya sungguh membuat merinding bulu kuduk.  “Gak ada yang bisa menebang pohon tersebut. Karena banyak penunggunya. Setiap malam ada saja yang melihat penampakan-penampakan dibawah pohon itu.”  Hiiii...Seram juga ya, pikir saya. “Makanya ada semacam meja kecil diatas pohon itu. Untuk tempat sesajen. Biar penunggunya gak mengganggu orang-orang di sini,” papar kawan saya. Diam-diam ada rasa penasaran dalam hati saya. Seperti apa sih pohon itu jika dilihat dari dekat?  Maka saya pun mendekati pohon tersebut. Memang besar sekali. Terlihat dari batangnya yang besar dan tinggi. Nama pohonnya ternyata pohon mahoni. Usianya lebih

Alhamdulillah Bisa Kentut

Uuupppss!!! Ini bukan bicara jorok atau kotor. Tapi hanya untuk mengingatkan. Bahwa maaf, kentut itu termasuk anugerah terindah yang patut disyukuri. Loh! Kok? Eits, jangan bengong begitu ah. Coba saja rasakan ketika kita beberapa hari ternyata enggak bisa kentut. Rasanya ini perut kembung dan enggak enak. Tapi begitu bisa kentut. Rasanya legaaaa...sekali. Bisa terbayang toh bagaimana mereka yang tidak bisa kentut atau BAB (Buang air besar) akhirnya harus ke rumah sakit untuk diambil tindakan. Maka bersyukurlah kita yang bisa kentut setiap saat. Selama ini kita mengucapkan syukur itu jika berhubungan dengan rezeki dan sesuatu yang menyenangkan.  "Alhamdulillah dagangan hari ini ludes."  Atau  "Alhamdulillah si kakak juara kelas." Sangat jarang jika mengeluarkan kentut langsung mengucap Alhamdulillah. Padahal kentut salah satu nikmat yang luar biasa.  Jadi mulai sekarang biasakan mengucap syukurnya bukan saja ketika berhubungan dengan rezeki dan gengsi.

Gaya Rambut Muslimah yang Dianjurkan

Gaya rambut seseorang biasanya mengikuti karakter diri orang tersebut. Jika ia seorang yang aktif dan energik. Maka gaya rambut yang dipilih biasanya model Demi Moore. Itu loh si cantik di film Ghost. Gaya rambut ala Demi Moore Image foto by Lifestyle Okezone Gaya rambut ala Demi Moore sempat nge-hits di jamannya. Atau gaya rambut ala Putri Diana. Mendiang istri Pangeran Charles dari Inggris ini tetap cantik dan anggun meski berambut pendek. Gaya rambut ala Putri Diana Image foto by pinteres Bagi orang yang memiliki rambut panjang disebut sebagai orang yang sabar. Karena memiliki rambut panjang memang butuh kesabaran. Terutama dalam hal perawatan. Image foto by tagged.com Sementara orang yang menyukai gaya rambut pendek disebut sebagai orang yang tidak sabaran. Ingin serba cepat dalam bertindak. Tentu orang yang seperti ini tidak akan sabar kalau harus merawat rambut. Itu semua pendapat yang saya yakini ketika belum berhijab. Setelah berhijab dan mengetahui